Detail Postingan

KSP Math Magic : Easy Math Learning


               Surabaya, 26 Febuari 2020 hari Rabu pada pukul 10.30 seminar KSP yang bertemakan tentang Math Magic  yang dibawakan oleh Dr.Ir.Endang Setyati, M.T. merupakan materi yang unik dan benar-benar berkesan. Math Magic yang dibawakan oleh Ibu Endang ini masih bersifat dasar dari perhitungan matematika biasa , beliau mengajarkan cara berhitung cepat dalam seminar ini tanpa mengandalkan kalkulator. “Dengan berhitung kita dapat memperlambat penyakit Alzheimer, karena kita tidak tahu kapan penyakit tersebut menyerang di era sekarang ini,” kutip Ibu Endang.

               Materi yang dibawakan masih bersifat dasar, tetapi yang menarik perhatian adalah bagaimana setiap angka yang akan dijumlahkan atau akan dioperasikan memiliki sebuah pola , dimana jika pola tersebut  diketahui maka kita dapat berhitung cepat tanpa menggunakan kalkulator. Dikutip dari Ibu Endang, “Kita dapat menghitung angka tersebut kurang dari 7 detik jika kita sudah mengetahui polanya.” Dan setelah dibuktikan hal itu memang benar adanya. Dan dibandingkan dengan menghitung dengan kalkulator menghitung dengan cara seperti ini benar-benar dapat melatih otak kita dalam mengingat dan menghitung cepat.

               Bagi sebagian orang hal ini masih baru dan tak jarang yang beranggapan bahwa hal tersebut merupakan ilusi atau tipu daya muslihat dari orang lain. Namun di kesempatan ini beliau membuktikan bahwa Math Magic memiliki rumus dan bukan merupakan sulap ataupun ilusi mata. Dan hal ini merupakan benar adanya dikarenakan ibu Endang sendiri yang membuktikan bahwa setiap angka memiliki polanya masing-masing. Misalnya penyelesaian perpangkatan kelipatan 3, hal tersebut dapat diselesaikan dengan rumus koefisien binomial yang dimodifikasi. Sehingga rumus dari bilangan tersebut memiliki karakteristik yang sama dengan rumus koefisien binomial tetapi agak dimodifikasi sehingga memuat prinsip hitung cepat tersebut.

               Dari KSP tersebut dapat disimpulkan bahwa matematika bukanlah hal yang susah jika kita sudah menguasai polanya, sebaliknya justru merupakan hal yang sangat menyenangkan jika kita sudah menguasainya.