Detail Postingan

Animating Sprite for Video Game using Adobe Animate


            Selasa, 11 Febuari 2020 , ISTTS mengadakan seminar KSP yang mengangkat tema pembuatan sprite karakter video game. Seminar yang dibawakan oleh Bapak Herman Thuan T.S., S.Kom., M.T. ini menjelaskan bagaimana kita menggunakan program Adobe Animate untuk membuat sprite atau sebuah karakter untuk video game. Ia menerangkan bahwa Adobe Animate ini merupakan program modifikasi dari program pendahulunya yaitu Adobe Flash.

            Program ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan pendahulunya namun lebih canggih. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan tampilan kedua program. Ia terlihat memiliki alat yang jauh lebih lengkap sehingga lebih mudah dan efisien untuk digunakan. Selain itu, Adobe Animate memiliki kemiripan dengan salah satu program Adobe lainnya yaitu Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator yang merupakan nilai tambah dari program itu sendiri karena pengguna tidak perlu repot-repot untuk melakukan editing dengan memindah file dari program satu ke program lainnya.

            Bapak Herman tidak hanya menjelaskan tentang program yang digunakan saja , melainkan beliau juga menjelaskan bagaimana cara membuat sprite yang baik. Beliau menjelaskan bahwa untuk membuat sebuah sprite yang benar alangkah baiknya jika setiap bagian dibuat terpisah, sehingga pekerjaan menganimasikan sprite menjadi lebih mudah. Untuk memudahkan mendesain sprite beliau memberikan saran untuk mengubah resolusi gambar menjadi pixel sehingga memiliki kesan retro dan keren. Tak lupa juga beliau memberikan saran untuk selalu mengimbangi desain dengan kecanggihan dari coding sebuah program. Ia mengatakan bahwa sebuah program yang baik merupakan program yang mengimbangi antara kedua hal tersebut, sehingga tidak berat satu sisi melainkan seimbang. “ Percuma jika program tersebut canggih tetapi desainnya kasar, begitu pula sebaliknya, ” kutipnya.