Detail Postingan

Visualisasi Data dengan Tableau


             Jumat, 8 November 2019, bertempat di Gedung E-4 iSTTS, seminar Knowledge Sharing Program (KSP) yang ke-4 mengangkat tema “How to Visualize Your Data Easily” dibawakan oleh salah satu dosen Informatika di iSTTS, Bapak Hendrawan A.,S.Kom.,M.Kom. KSP kali ini memberi kesempatan kepada semua peserta yang hadir untuk lebih mengenal aplikasi Tableau, sebuah software yang membantu manajemen dalam mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan visualisasi data. Menurut Bapak Hendrawan, aplikasi Tableau merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam memvisualisasikan data dan bersifat user friendly.

            “Sekelompok data dalam jumlah kecil dapat diolah menggunakan metode sorting untuk menarik sebuah kesimpulan, sebaliknya data dalam jumlah besar akan lebih mudah jika ditampilkan dalam bentuk grafik ataupun visualisasi yang lebih menarik dan simple tanpa melakukan sorting,” ungkap Bapak Hendrawan sewaktu berdiri di hadapan puluhan mahasiswa yang hadir. Menurut beliau, cukup dengan memvisualisasikan, maka pemahaman orang akan mencapai 50% - 70%. Dalam memvisualisasikan data, TABLEAU menawarkan banyak tools, antara lain Tableau, Qlik, Plotly, Excel, dan Sisense. Akan tetapi, TABLEAU sendiri merupakan tingkat 1 visualisasi dan berbayar. Jika digunakan versi pembelajaran, maka tersedia free trial sampai periode tertentu. Pengguna dapat mengklaim free trial lagi jika mendaftar dengan versi pembelajaran dimana dalam TABLEAU semua serba drag and drop.

            Dalam menampilkan data, sebaiknya menyampaikan sesuatu yang jelas dan berhubungan dengan sesuatu hal yang ditujukan. Pembelajaran visualisasi di iSTTS hingga saat ini dikupas dalam mata kuliah Big Data yang diajarkan dalam jurusan Informatika dan Sistem Informasi. Lalu, apakah alasan utama sekelompok data perlu divisualisasikan? Visualisasi data biasa digunakan sebagai pedoman agar pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat dalam dunia bisnis.