Detail Postingan

Jago Membuat Short Movie dengan Teknik yang Benar


            Surabaya -- “Membuat Short Movie yang Baik, tidak akan pernah menjadi baik jika tidak pernah mencoba sendiri.”kutipan dari Mario Suyanta Chandra , pemilik akun Youtube Mars’Tech id di acara Workshop SIB. Bertemakan Short Movie kemarin , 2 November 2019 yang diselenggarakan di ruang Auditorium ISTTS di Jl.Ngagel Jaya Tengah no.73-77.

            Workshop kemarin , dengan Mario Suyanta Chandra sebagai pembicara memperkenalkan kita, tentang bagaimana kita bisa membuat sebuah short movie  yang baik dengan menggunakan teknik – teknik yang benar. . Sebuah movie yang baik menurut Mario Suyanta Chandra adalah ketika para penonton dari movie yang kita buat dapat memahami apa yang kita sampaikan dari film tersebut melalui tampilan visual yang kita tayangkan kepada para audience. Tanpa kita harus menjelaskan tentang sebuah adegan tersebut secara lisan kepada audience tersebut.

            Oleh karena itu beberapa teknik dari perspektif pengambilan gambar yang benar , dapat mempengaruhi perspektif dari penonton kita. Contoh saja ketika adegan dimana seorang penjahat sedang di tengah interogasi dengan seorang detektif, sudut  kamera harus tepat kita ingin menekan kan kepada siapa pada adegan tersebut. Jika sang detektif ingin lebih di tekankan maka kita fokuskan perspektif kita kepada sang detektif tersebut, begitu pula sebaliknya. Jangan ditekankan pada pihak yang tidak jelas sehingga membuat kacau dan bingung pandangan penonton tentang siapa fokus dari scene tersebut.

             Tidak hanya membahas tentang beberapa teknik perspektif dari kamera. Ia juga mengajarkan tentang teknik – teknik editing yang berguna bagi para peserta yang ingin membuat short movie yang baik. Tetapi tak lepas dari hal itu , teknik tersebut juga tidak akan bisa berjalan dengan baik jika kita tidak memiliki kemauan untuk meningkatkan kreatifitas kita dalam membuat suatu movie. Selain itu juga berbagi tips tentang beberapa teknik untuk menjadi suatu director baik untuk membuat short movie maupun long movie. Bahwa selalu menyiapkan draft atau story board tentang scene – scene yang ada sehingga jika kita tidak ada ide tentang suatu scene maka kita selalu memiliki gambaran dari sebuah scene yang akan kita buat.

              Pada sesi selanjutnya, beberapa teknik dari pengambilan gambar pada short movie yang benar, yang kemudian dilanjutkan dengan praktek dari teknik mengedit sebuah project movie tersebut. Tidak hanya itu , ia juga menunjukan beberapa contoh bahwa membuat short movie juga tidak harus bertumpu berat pada bagian editingnya , “Lebih baik All out pada saat pengambilan gambar dari pada bertumpu berat pada editingnya.”kutipan.

              Kemudian acara berakhir dengan diakhiri foto Bersama. Namun ada Salah satu kutipan yang menarik dari kak Mario yaitu “Saya selalu menganggap bahwa karya saya itu jelek, dengan begitu saya dapat memotivasi diri saya untuk selalu meningkatkan hasil karya saya untuk menjadi lebih baik dari hasil karya sebelumnya.” dia menghimbau agar kita tidak besar kepala terhadap suatu project yang kita buat, melainkan kita harus tetap selalu rendah diri dan mau belajar sehingga kreatifitas kita tidak terhenti dalam ruang lingkup yang sama.