Detail Postingan

MATLAB BAGI PEMULA


           Kamis, 31 Oktober 2019, KSP yang bertema Knowledge Festival kali ini kembali membagikan ilmu tentang “Mengenal MATLAB Bagi Pemula” dibawakan oleh Dr.Ir.Hari Sutiksno,M.T.. Seperti yang dikatakan oleh Bapak Hari Sutiksno, MATLAB atau yang biasa dikenal dengan Matrix Laboratory selalu mengupdate versinya 2,5 tahun sekali dan memiliki banyak fitur yang berhubungan dengan matematika. MATLAB memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah mampu manipulasi matriks , visualisasi yang hebat, dilengkapi dengan banyak fungsi bawaan, serta mudah digunakan dan dipelajari oleh pemula.        

            MATLAB dapat melakukan berbagai hal, seperti Logic and Assignment, Logical Operators, mengakses Matrics Elements, Poly, Roots, dan Conv. Bahasa pemrograman ini dikenal memiliki banyak fungsi matematika dan mampu merepresentasikan data melalui sebuah grafik. Dalam membuat sebuah grafik diperlukan sekelompok data. Data-data tersebut dapat menghasilkan PLOT dalam sebuah grafik. Berbagai jenis PLOT grafik yang dapat dihasilkan, yaitu PLOT Tiga buah grafik, PLOT Tiga grafik dengan tanda berbeda, Skala Semilog Vertikal, Skala Semilog Horizontal, serta Skala Log – Log yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia Data Science.

Di dalam MATLAB juga tersedia fitur simbol-simbol Matematika, yaitu Symbolic Objects, kalkulus, penyerdehanaan fungsi, penyelesaian persamaan linier dan non linier, penyelesaian persamaan diferensial, variable - precision arithmetic, transformasi Fourier, Laplace, dan Z sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menampilkan data secara otomatis.