Detail Postingan

Seni Memilih Font


Anda pasti pernah diminta untuk membuat sebuah slide presentasi, namun pernahkah anda mempertimbangkan jenis font apa yang digunakan? Pada kesempatan kali ini Knowledge Sharing Program (KSP) yang diadakan pada Senin, 21 Oktober silam bertempat di E401 tampak ramai membeludak oleh mahasiswa iSTTS. Seminar kali ini mengangkat tema "Memilih Font untuk Presentasi" dan dibawakan oleh Bu Amelia Agustina, S.Ds.
 
Pada seminar tersebut Bu Amel menekankan bahwa font berbeda dapat memberikan makna yang berbeda pula. Beliau memberikan contoh brand eksklusif seperti Channel akan terlihat biasa saja dan tidak memberi kesan mewah jika menggunakan font Comic Sans. Dalam pembuatan papan penunjuk jalan juga ada pertimbangan font yang dilakukan, yaitu font harus terlihat jelas dari jarak jauh untuk menginformasikan pengemudi.
 
Lantas mengapa diperlukan text slide dalam sebuah power point? Tulisan yang terlalu banyak dapat membuat audience menjadi bosan dan tidak focus dengan materi yang ingin disampaikan. “Is your font sexy enough? “, tanya Bu Amel. Beliau menjabarkan bahwa font terbagi menjadi dua, serif dan sans serif. Serif adalah jenis font kuno yang berkaki serta memiliki tebal dan tipis yang kontras. Berbeda dengan serif, Sans-serif memiliki unsur geometric yang mengikuti bentuk tertentu (lingkaran, kotak, dan segitiga) sehingga memiliki kesan kaku dan modern. 
 
 
Selain pemilihan font, banyaknya font yang digunakan font hierarchy, dan kombinasi font juga sangat berdampak. Jumlah font yang digunakan sebaiknya tidak lebih dari 3 dan direpetisi agar dapat menciptakan tema yang senada.  Font Hierarchy sebaiknya menempatkan informasi yang lebih penting pada bagian atas dan memliki ukuran yang lebih besar dibandingkan informasi pelengkap.  Untuk memberikan penekanan dapat digunakan warna yang mencolok seperti merah serta huruf kapital. Kombinasi font yang baik sebaiknya memiliki kontras dan ukuran yang berbeda. Pada penghujung acara Bu Amel menambahkan bahwa penerapan power point juga memerlukan rule of third dimana sebuah halaman dibagi menjadi 3x3 dan penempatan tulisan diletakkan pada salah satu kotak tersebut. 
 
Berikut adalah rangkuman dari keseluruhan isi seminar KSP "Memilih Font Untuk Presentasi". Dengan adanya artikel ini, diharapkan para pembaca dapat mempelajari seni dalam memilih font dengan tepat dan sesuai dengan tujuan yang ingin diraih.