Astronaut NASA Berhasil Cangkok Sayur di Luar Angkasa
Blog
05 February 2021

Astronaut NASA Berhasil Cangkok Sayur di Luar Angkasa

Jakarta, CNN Indonesia -- NASA dilaporkan telah berhasil melakukan transplantasi tanaman alias cangkok sayur pertama di salah satu fasilitas yang ada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

NASA berencana memproduksi tanaman, khususnya sayuran untuk memberikan nutrisi kepada awak astronaut ketika melakukan misi jangka panjang, seperti misi ke Mars.

Penelitian terhadap transplantasi tanaman dilakukan oleh astronaut NASA Mike Hopkins, yang tiba di ISS dengan pesawat SpaceX Crew-1 untuk misi selama enam bulan. Dalam misi itu, Hopkins merawat berbagai varietas mustard dan selada.


Melansir laman resmi, Hopkins melihat mustard tumbuh dengan baik di 'bantal' khusus yang berisi media tanam berbasis tanah liat yang ditambahkan pupuk. Sementara selada tidak, dua selada yang diuji Romaine merah dan Dragoon Lettuce tumbuh sangat perlahan.

Pada 14 Januari, dengan masukan dari para ilmuwan, Hopkins mencangkokkan tunas ekstra dari bantal tanaman mustard yang tumbuh subur ke dalam dua bantal selada yang bermasalah tadi.

Setelah beberapa hari, transplantasi itu berhasil. Salah satu jenis pak choi bertahan dan tumbuh bersama. Sedangkan selada yang sebelumnya bermasalah, kini juga siap dipanen.

Meski demikian, para ilmuwan di Bumi masih belum mendapat jawaban pasti mengapa kali ini selada gagal tumbuh. Padahal pada percobaan sebelumnya mereka berhasil menumbuhkan tanaman itu.

Kemungkinan sementara, beberapa benih selada tak tahan ketika harus disimpan terlalu lama. Sebab, benih ini tiba di stasiun itu sejak 29 Juni 2018.

Lebih lanjut, keberhasilan transplantasi tanaman menunjukkan fleksibilitas untuk menanam tanaman di luar angkasa. Sehingga, bisa dilakukan alternatif ketika ada kegagalan penanaman, seperti yang terjadi pada awal percobaan ini.

Ilmuwan yang terlibat dalam penelitian itu, Gioia Massa, mengapresiasi temuan ini. Sebab, menurutnya cairan berperilaku sangat berbeda ketika ada di gravitasi mikro di luar angkasa ketimbang di darat.

Matt Romeyn, pimpinan sains VEG-03I mengira gaya berat mikro akan menyebabkan kegagalan tanaman tumbuh di luar angkasa. Tapi, ternyata hal itu tidak menjadi penghalang tanaman untuk tumbuh.

"Gaya berat mikro tampaknya membantu dan tanaman tumbuh lebih baik daripada di Bumi... itu menakjubkan," tuturnya seperti dikutip Wio News.

Hopkins dijadwalkan memanen tanaman pada 2 Februari, dan para astronaut berencana untuk memakan sebagian dari hasil panen dan mengirim sisanya kembali ke Bumi untuk dipelajari.

Keberhasilan menanam sayur segar ini bisa menjadi alternatif pemenuhan gizi astronaut. Meskipun saat ini astronaut makan makanan kemasan berkualitas tinggi yang sangat baik. Namun menurut Massa, vitamin dalam makanan kemasan dapat rusak dan kualitasnya menurun bila disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Bos Facebook Berbagi Cara Menghasilkan Uang di Instagram

Bos Facebook Berbagi Cara Menghasilkan Uang di Instagram

Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Facebook Mark Zuckerberg membeberkan fitur baru Instagram untuk membantu kreator atau influencer menghasilkan uang lewat konten yang diunggah. Instagram akan membantu mencocokkan pemilik brand dengan pembuat konten yang sesuai dengan audiens atau pasar yang ingin dijangkau.

Baca Selengkapnya
Mengenal Blockchain, Cikal Bakal Uang Kripto Seperti Bitcoin

Mengenal Blockchain, Cikal Bakal Uang Kripto Seperti Bitcoin

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian orang pasti pernah mendengar istilah blockchain. Tetapi mungkin ada yang tidak tahu apa itu blockchain dan mengapa sekarang begitu populer dan mendasari bangkitnya bitcoin dan mata uang kripto.

 

Baca Selengkapnya
Mulai 25 April, Pemerintah Tutup Sementara Pintu Masuk Perjalanan Orang dari India

Mulai 25 April, Pemerintah Tutup Sementara Pintu Masuk Perjalanan Orang dari India

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) resmi menutup pintu masuk bagi setiap pelaku perjalanan yang berasal dari India menyusul terjadi lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut.

Baca Selengkapnya
Discord Tolak Tawaran Akuisisi Microsoft

Discord Tolak Tawaran Akuisisi Microsoft

Jakarta, CNN Indonesia -- Startup obrolan audio, Discord Inc, dilaporkan telah menghentikan pembicaraan untuk dibeli oleh sejumlah perusahaan, salah satunya Microsoft Corp. Discord lebih memilih untuk tetap mandiri dan berniat untuk IPO.

Baca Selengkapnya
Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur

Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur

Jakarta, CNN Indonesia -- Sukses jadi super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek kembali melakukan inisiatif untuk memberdayakan anak muda, khususnya di kawasan Indonesia timur dengan memanfaatkan teknologi.

Baca Selengkapnya
500 Juta Data LinkedIn Bocor, Dijual Rp29 Ribu Per Data

500 Juta Data LinkedIn Bocor, Dijual Rp29 Ribu Per Data

Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan juta data pengguna LinkedIn dilaporkan bocor di jagat maya. Ada 500 juta data yang dilelang dalam sebuah forum hacker yang isinya informasi yang terbilang detail dari data pengguna.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Blog
Icon