SEMINAR NETWORK AND CYBER SECURITY
Berita
19 October 2020

SEMINAR NETWORK AND CYBER SECURITY

Hima SIB ISTTS mengadakan webinar online yang diselenggarakan pada hari Sabtu,17 Oktober 2020 tepatnya pukul 10.00-12.30. Webinar kali ini terbuka untuk peserta internal maupun eksternal melalui platform Zoom dan juga Live Youtube. Webinar kali ini terasa berbeda karena ISTTS bekerja sama dengan Surabaya Hacker Link dengan mengangkat topik “Network and Cyber Security” . Webinar dibawakan oleh 2 narasumber sekaligus yaitu Bapak Haris Dwi dan Bapak Jonias Fortuna.

Webinar diawali dengan Pak Haris yang menjelaskan bahwa semenjak wabah Covid-19 kejahatan cyber meningkat hingga 30% di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena kita diharuskan untuk bekerja dari rumah. Pak Haris juga bercerita tentang metode apa saja yang dikerjakan oleh seorang hacker yaitu metode Phising dan Sniffing. Metode Phising artinya memancing, sebagai  contoh misal kita menerima email dari seseorang dan di dalamnya terdapat dokumen dan berisikan ajakan untuk membuka dokumen itu. Pak Haris menyarankan untuk tidak membuka dokumen itu karena ditakutkan ada malware di dalam dokumen tersebut. Metode selanjutnya yaitu metode Sniffing, sebagai contoh jika kita melihat ada jaringan wifi yang tidak dikunci apalagi jaringan nya kencang otomatis akan membuat kita terpancing untuk menggunakan nya. Padahal jaringan tersebut bisa jadi sudah diatur sedemikian rupa sehingga hacker bisa melihat siapapun yang masuk dan paket apapun yang melintas di jaringan itu.

Webinar kemudian dilanjutkan oleh Bapak Jonias Fortuna yang akrab dipanggil Bapak Jo. Bapak Jo menjelaskan kejadian yang sempat gempar dunia dan terjadi di bulan Juli. Akun Twitter milik pesohor terkenal mulai dari Bill Gates bahkan Apple tiba-tiba menawarkan tipuan Bitcoin. Twitter diserang oleh hacker. Hacker meminta followers akun yang telah dibajak untuk mengirimkan cryptocurrency bitcoin ke dompet digital. Kejadian ini merupakan peretasan yang bisa jadi terburuk yang pernah terjadi di media sosial. Untung saja Twitter langsung mengambil tindakan cepat dengan tidak mengizinkan akun yang telah dibajak untuk nge-tweet selama 2 jam. Atas dasar itulah maka Pak Jo juga menyarankan untuk tidak terburu-buru percaya terhadap sesuatu yang belum pasti. Jika tidak maka data diri milik kita akan bocor dan bahkan bisa diperjual belikan secara bebas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Di akhir materi narasumber memberikan beberapa saran yang penting. Salah satunya yaitu dalam membuat password sebaiknya minimal 13 karakter yang merupakan kombinasi dari angka, huruf dan simbol. “Lebih berhati-hati dalam memposting sesuatu di media sosial, karena sekarang sudah ada UU ITE dan kita harus bertanggung jawab terhadap apapun yang kita posting” ujar narasumber kepada peserta webinar yang mayoritas aktif menggunakan media sosial. Webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab kemudian dilanjutkan dengan berfoto bersama dan absensi.

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
The Sailor Survival Game

The Sailor Survival Game

The sailor Survival Game ini adalah film survival game yang dibuat oleh Bu Farah Fauziah,S.hub.Int.,M.A. bersama team nya yang diselenggarakan di XXI TP(Tunjungan Plaza) pada hari sabtu 24 Februari 2024 jam 19.00. acara ini menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat, terutama mereka yang tertarik dengan dunia militer dan film aksi.

Baca Selengkapnya
Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon