Seminar Kartini : Independent Woman In Every Situation
Berita
30 May 2023

Seminar Kartini : Independent Woman In Every Situation

Penulis : Jessica Wahyudi

 

Seminggu sebelum memperingati Hari Kartini, pada Rabu (12/04/23) Himpunan Mahasiswa Teknik Industri ISTTS (HIMATRIS) mengadakan seminar dan talkshow berjudul “Independent Woman In Every Situation”. Berada di ruang Auditorium ISTTS, seminar ini dimulai pukul 13.00 WIB dengan antusias. Handsome Harapan, mahasiswa jurusan Teknik Industri Angkatan 2022 yang menjabat sebagai ketua dalam kegiatan ini, memberikan sambutannya untuk membuka acara ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan  Wakil Ketua Rektor Dr. Ir. Herman Budianto, M.M. 

“Saya memberikan apresiasi atas diselenggarakannya acara ini. Dengan kedua pembicara yang merupakan para wanita yang luar biasa, dengan berpendidikan tinggi dan sukses berkarir dalam bidang yang digelutinya. Saya harap  para mahasiswa dapat meniru semangat juang para beliau ini, wajah - wajah Kartini masa kini”, ujar Bapak Herman dalam sambutannya. 

 

HIMATRIS menghadirkan dua dosen pengajar ISTTS, Ibu Dr. Ir. Reina A. Hadikusumo dan Ibu Naafi Nur Rohma, S.Sn., M.Sn., sebagai pembicara dalam kegiatan ini. 

Ibu Reina merupakan salah satu dosen pengajar di ISTTS. Disamping kegiatannya sebagai dosen, beliau juga merupakan pemilik  Perusahaan Jasa Transportasi Barang PT. Noor Mentari Transportasi. Tak hanya itu, beliau juga merupakan seorang guru musik dengan segudang karya. Sejumlah buku musik telah beliau tulis, diantaranya 50 Chord Lagu Barat, 50 Chord Lagu Indonesia, 50 Chord Lagu Natal-Rohani, Manajemen Kelas di Sekolah Musik, Teori Musik CFK (Compusician for Kids), serta Teori Musik Grade 1-6

Tak hanya buku musik, beliau juga telah menulis sejumlah buku populer yang telah diterbitkan oleh PT Sinergi Insan Berdaya dan PT Berlian Internasional, diantaranya Quarter-Life Crisis, Cara Menikmati Proses Hidup (2022); Self-Confidence, Tips dan Trik Meningkatkan Kepercayaan Diri untuk berinteraksi dengan Orang Lain (2022); Self-Mastery, Tips dan Trik Menguasai Keterampilan, Mengelola Potensi, dan Resource Diri (2022); Self Motivation, serta Membangkitkan Motivasi Diri untuk Kesuksesan (2022). 

Sebagai seorang pemusik yang memiliki dua ribu subscriber di channel YouTubenya, Ibu Reina menyalurkan bakat menyanyinya dengan membuat banyak cover lagu, seperti “Dekat di Hati”, “LOVE” , “First Love”, dan “Fly Me to the Moon”. 

Beliau menuturkan bahwa Independent Woman adalah perempuan yang bisa bekerja menafkahi dirinya sendiri. Perempuan saat ini memang tidak boleh menggantungkan hidupnya kepada orang lain, karena manusia tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Ada resiko dimana pasangan atau keluarga akan berpisah sehingga setiap perempuan diharapkan siap untuk berdiri dengan kakinya sendiri. 

Dalam dunia kerja, lapangan kerja yang tersedia bagi perempuan lebih terbatas. Beberapa perusahaan lebih mengutamakan pekerja laki - laki daripada perempuan. Hal ini disebabkan karena perempuan membutuhkan lebih banyak cuti seperti cuti haid, hamil, maupun melahirkan. Perempuan sudah ditakdirkan untuk mengalami hal tersebut sehingga hal ini tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk mempekerjakan seorang karyawan. Kesempatan perempuan untuk menjadi pemimpin juga terbatas karena dianggap kurang tegas dan lebih banyak bicara.

Ibu Reina menuturkan berdasarkan pengalamannya, seorang perempuan itu akan cenderung lebih rinci dan teliti dalam mengatur segala sesuatu dibandingkan dengan laki - laki sehingga hal ini memunculkan julukan “banyak bicara” pada seorang perempuan yang menjadi pemimpin. Padahal dibalik hal ini, pekerjaan atau perusahaan yang dipimpin oleh seorang perempuan akan bisa lebih baik hasilnya berkat ketelitiannya. 

Sosok pembicara kedua ini sudah tak asing lagi di kalangan mahasiswa, terutama bagi  mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Selain sebagai dosen, Ibu Naafi juga dikenal sebagai seorang ilustrator hebat. Ratusan karyanya sudah dipublikasikan mulai dari tingkat nasional hingga internasional. 

Telah lama berkecimpung di dunia seni, Ibu Naafi menuturkan bahwa dibalik kesuksesannya, ada perjuangan panjang untuk mencapainya hingga ini. Sempat diragukan oleh orang di sekitarnya untuk masuk dalam dunia seni, Ibu Naafi berhasil membuktikan bahwa perempuan bisa sukses menentukan pilihannya sendiri.

“Cara menjadi Independent Woman adalah dengan berprinsip kuat untuk maju, serta bertanggung jawab atas diri sendiri karena orang lain tidak akan selalu membantu kita,” tutur Ibu Naafi memotivasi para mahasiswa.  

Seminar ini lalu ditutup dengan sesi tanya jawab. Seorang mahasiswa Teknik Industri mengajukan pertanyaan yang menarik. Ia bertanya bagaimana cara perempuan untuk bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Pertanyaan ini kemudian ditanggapi oleh Ibu Naafi. Beliau menuturkan bahwa keluarga bukanlah suatu penghalang perempuan untuk bisa sukses berkarir, melainkan merupakan suatu tantangan tersendiri yang harus dihadapi. 

“Sebagai seorang ibu, jika memang diperlukan, harus ada bantuan pihak ketiga untuk mengurus anak disaat kita sedang bekerja. Namun, pada saat di rumah, kita harus benar - benar meluangkan waktu untuk keluarga, untuk berkumpul bersama dan untuk memantau perkembangan anak.” penjelasan dari Ibu Naafi.  







Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
The Sailor Survival Game

The Sailor Survival Game

The sailor Survival Game ini adalah film survival game yang dibuat oleh Bu Farah Fauziah,S.hub.Int.,M.A. bersama team nya yang diselenggarakan di XXI TP(Tunjungan Plaza) pada hari sabtu 24 Februari 2024 jam 19.00. acara ini menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat, terutama mereka yang tertarik dengan dunia militer dan film aksi.

Baca Selengkapnya
Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon