Why Engineers Should Practice Public Speaking
Berita
17 November 2022

Why Engineers Should Practice Public Speaking

KSP Season 15 Episode 3 mengangkat judul “Why Engineers Should Practice Public Speaking”. Acara ini diadakan secara onsite di ISTTS pada tanggal 2 November 2022, dan dibawakan oleh Dr. Jenny Ngo yang merupakan salah satu dosen English Conversation Class (ECC) di ISTTS.

Sebagai pembukaan, Dr. Jenny Ngo, atau yang biasa akrab disapa Bu Jenny, memaparkan stereotip kebanyakan masyarakat jika mendengar kata “engineer”. Menurut beliau, salah satu stereotipnya adalah para engineer lebih memilih untuk bekerja sendiri daripada berkelompok atau tim. Hal inilah yang membuat kebanyakan engineer memiliki kemampuan public speaking yang kurang.

Ada beberapa cara sederhana yang menurut Bu Jenny, secara tidak langsung bisa mengasah kemampuan public speaking kita, salah satunya yaitu berbicara dengan teman. Hal ini sering dianggap remeh, namun ternyata bisa berdampak besar bagi kita. Dengan kita berbicara atau mengobrol dengan teman, kita biasanya akan merasa lebih percaya diri untuk melakukan public speaking.

Jika kita takut untuk melakukan public speaking (Glassophobia), cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi ketakutan tersebut adalah dengan masuk ke kamar, mengunci pintu, lalu berdiri di depan kaca dan mencoba untuk melakukan tanya jawab ke diri sendiri dan direkam agar bisa memberikan feedback nantinya. Namun, jika merasa tidak mampu, don’t force yourself karena segala sesuatu yang dipaksakan pasti tidak baik. Sebaliknya, jika tidak malu, kita bisa melakukan presentasi kecil-kecilan pada orang terdekat dan meminta tolong mereka untuk memberikan feedback atas presentasi tadi.

Mengapa public speaking itu perlu? Karena pada saat kerja nantinya, selain pintar, kita juga perlu untuk bisa bernegosiasi. Bu Jenny mengatakan bahwa perusahaan lebih memilih untuk meng-hire kandidat yang memiliki 2 skill tersebut dibandingkan yang pintar namun kurang bisa bernegosiasi.

Di sela-sela materi, Bu Jenny tak lupa juga untuk mempersilahkan beberapa mahasiswa untuk mencoba mempraktekkan public speaking dengan cara memperkenalkan diri mereka di depan kelas. Mereka yang mencoba maju mendapatkan hadiah dan juga feedback yang sangat berguna dari beliau sehingga nantinya dapat menjadi bekal bagi mereka di masa depan.

Inti dari presentasi beliau di KSP season 15 episode 3 ini adalah public speaking itu sangat krusial di hidup kita. Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, kita bisa memperoleh banyak benefit, beberapa diantaranya adalah ke luar negeri gratis dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, mari mulai belajar public speaking dari sekarang!

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Workshop Social Media Seru (SMS) yang digelar pada 5 April 2024 di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menjadi sorotan bagi siswa-siswi SMAK Santa Maria Surabaya dan pihak terkait. Acara ini diselenggarakan oleh ISTTS dengan pembicara Ardalina.L.C.G.,S.Ds., M.I.Kom., yang juga menjabat sebagai Kepala Tim Digital Marketing ISTTS, sebagai pembicara utama.

Baca Selengkapnya
Steering Wheel

Steering Wheel

Kevin, seorang alumni dari angkatan 19, telah menunjukkan prestasi luar biasa dengan memimpin proyek pengembangan setir mobil bersama dengan teman-temannya. Kehadiran Kevin dalam komunitas alumni angkatan 19 telah menjadi sorotan karena dedikasinya yang luar biasa terhadap proyek ini. Sebagai seorang wisudawan terbaik, Kevin telah membuktikan bahwa prestasi akademisnya hanya sebagian kecil dari potensinya yang sebenarnya.

Baca Selengkapnya
Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah atau Easter adalah perayaan keagamaan bagi umat Kristen Protestan dan Katolik. Paskah merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus, dimana sebelumnya Ia wafat sebagai manusia lalu bangkit demi menebus dosa manusia.  Paskah menandakan kehidupan baru, dimana umat yang merayakan meninggalkan dosa-dosa mereka dan bertobat untuk mencapai kehidupan yang benar.

Baca Selengkapnya
Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon