KSP Season 9 Episode 2 : Trivial Thing in Microsoft Word that You Must Know
Berita
18 April 2021

KSP Season 9 Episode 2 : Trivial Thing in Microsoft Word that You Must Know

Microsoft Word adalah salah satu program yang sangat familiar bagi berbagai kalangan masyarakat untuk menuliskan sesuatu secara mudah dan ringkas melalui komputer. Melalui Microsoft Word, dapat dilakukan formatting untuk banyak hal, seperti membuat daftar dan memasukkan gambar. Sejatinya Microsoft Word atau yang biasa disebut sebagai Ms Word dibuat dengan tujuan untuk membuat sebuah dokumen secara efisien. Namun kenyataannya, meskipun sudah sangat familiar dengan program ini, masih banyak orang yang belum mengetahui trik dan fungsi unik yang ada pada Ms Word.

Melalui webinar Knowledge Sharing Program (KSP) yang diadakan oleh ISTTS pada season 9 episode ke 2 ini, para peserta diberikan kesempatan untuk mempelajari format otomatis yang tersembunyi di tampilan Word. Seminar yang diadakan pada hari Jumat, 16 April 2021 yang lalu bertemakan “Trivial Things in Microsoft Word that You Must Know ” ini dibawakan oleh salah satu dosen jurusan Informatika, Eka Rahayu Setyaningsih, S.Kom, M.Kom. dan diikuti oleh peserta internal dan eksternal ISTTS.

Tidak seperti pembahasan webinar pada umumnya yang mempresentasikan materi menggunakan slide, kali ini Ibu Eka langsung mempraktekkan contoh bagaimana cara membuat daftar isi otomatis. Bermula dari menunjukkan bagaimana membuat tampilan sebuah teks secara umumnya  seperti membuat judul bab, sub bab, teks, dan memberikan penomoran sesuai format yang telah ditentukan secara manual yang paling sering dibuat mahasiswa. Hal ini tentu akan banyak memakan waktu dan cenderung membuat format menjadi tidak konsisten. Kita dapat mengatur Styling teks sesuai format yang dibutuhkan pada bagian Modify sehingga setiap judul bab dan sub bab yang ditentukan akan berubah otomatis Ketika klik bagian styling tersebut. Kita dapat membuat Styling yang baru ataupun membuat dari Style yang sudah ada di Ms Word. Untuk mengatur penomoran, Styling pada heading juga dapat digunakan. Sedangkan penomoran halaman dapat diatur melalui menu Layout dan Page breaks.

Bu Eka kemudian menunjukkan bagaimana pembuatan daftar isi otomatis melalui menu References > Table of contents. Disini kita dapat membuat daftar isi secara otomatis tanpa perlu melihat satu per satu halaman yang akan diletakkan pada daftar isi. Apabila terdapat teks yang bertambah, maka cukup dengan klik Update Field. Bu Eka juga memberikan trik untuk memisahkan 1 file dokumen menjadi beberapa dokumen cukup dengan menggunakan menu View > Outline. Beliau menyarankan untuk cukup menggunakan Styling yang sudah ada pada Ms Word agar lebih mempermudah apabila ingin membuat daftar isi tanpa harus mengatur lagi dibagian Modify. Apabila ingin membuat penomoran pada setiap bab atau sub bab secara otomatis, maka kita dapat mengatur peletakan nomor pada bagian sub menu Paragraph. Selain itu, penomoran bab yang telah dibuat juga berguna untuk memberikan penomoran dan keterangan pada gambar pada menu Refrences>Insert Caption. Kita dapat membuat dan mengatur keterangan pada gambar dan penomoran otomatis pada gambar-gambar yang ada pada dokumen sehingga pengguna tidak perlu menulis keterangan satu per satu secara manual pada setiap gambar. Selain pengaturan pada teks dan gambar, Ms Word juga mempunyai trik unik dalam mengatur tabel. Contohnya untuk menjumlahkan angka yang ada pada tabel, maka dapat digunakan formula yang sudah tersedia tanpa harus menghitung melalui kalkulator atau Microsoft Excel. Bu Eka juga menjelaskan sedikit mengenai beberapa fitur lain seperti fitur terjemahan teks dan fitur Control Options

Webinar kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan pembicara seputar fitur Microsoft Word, dan dilanjutkan dengan pengisian form absensi lalu berfoto Bersama.

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
The Sailor Survival Game

The Sailor Survival Game

The sailor Survival Game ini adalah film survival game yang dibuat oleh Bu Farah Fauziah,S.hub.Int.,M.A. bersama team nya yang diselenggarakan di XXI TP(Tunjungan Plaza) pada hari sabtu 24 Februari 2024 jam 19.00. acara ini menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat, terutama mereka yang tertarik dengan dunia militer dan film aksi.

Baca Selengkapnya
Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon