Scientific Writing, Tips & Techniques
Berita
05 November 2020

Scientific Writing, Tips & Techniques

ISTTS kembali mengadakan seminar KSP Season 7 yang berjudul “Scientific Writing, Tips & Techniques”. KSP episode pertama kali ini dibawakan oleh Edwin Pramana, Ph.D. Beliau merupakan salah satu dosen ISTTS yang sangat berpengalaman terutama di bidang penulisan karya ilmiah.

Seminar yang diadakan pada Kamis, 5 November 2020 dibuka untuk peserta internal maupun eksternal melalui platform zoom dan live streaming youtube. Pak Edwin membuka KSP dengan perkenalan diri kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan materi tentang penulisan karya ilmiah.

Karakteristik penulisan karya ilmiah antara lain : jelas, sederhana, netral, terstruktur dan menunjukkan bagaimana dan darimana data tersebut didapatkan. “Hal yang membedakan sesuatu mudah dipahami atau tidak adalah cara penyampaiannya. Apabila bahasa yang digunakan adalah bahasa yang dimengerti oleh semua orang maka hal tersebut akan menjadi mudah dipahami,” jelas Pak Edwin.

Syarat sebuah karya ilmiah bisa diterima ialah karya ilimiah tersebut harus memiliki hal baru. Namun adanya penemuan baru saja tidaklah cukup, cara penyampaian penemuan tersebutlah yang penting. Apabila orang lain tidak bisa memahami apa yang disampaikan maka hal tersebut sama saja percuma.

 “1 result is better than 10 results. Too much information kills information,” ujar Pak Edwin. Karya ilmiah yang baik fokus pada 1 hasil saja. Apabila hasil penelitian memiliki banyak hasil, maka pilihlah hasil yang terbaik.

Beberapa tips yang diberikan oleh Pak Edwin untuk dapat menulis karya ilmiah dengan baik antara lain : banyak membaca, menulis ide – ide yang muncul, merencanakan manuscript (a good read flows like a story) dan menggunakan active voice. “Active voice is better than passive voice,” jelas Pak Edwin.

Salah satu tools untuk mendapatkan referensi karya ilmiah ialah Google Scholar. Namun kita perlu berhati – hati dengan predatory journals (jurnal yang tidak credible) yang terkadang beredar di website Google Scholar. Suatu jurnal dikatakan credible apabila ia merupakan peer-reviewed journals (jurnal yang sudah direview oleh sesama professor dan peneliti yang berpengalaman). Selain itu, kita juga dapat menggunakan beall’s list untuk melihat daftar predatory journals. Pak Edwin juga memberikan tips apabila karya ilmiah tersebut merupakan artikel berbayar di Google Scholar.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon