DOUBLE DEGREE AT FONTYS AND SAXION UNIVERSITY IN THE NETHERLANDS
Berita
23 September 2020

DOUBLE DEGREE AT FONTYS AND SAXION UNIVERSITY IN THE NETHERLANDS

ISTTS kembali mengadakan webinar online pada hari Rabu, 16 September 2020 pukul 14.00-16.00 dengan topik “Double Degree at Fontys and Saxion University in The Netherlands”. Webinar ini diikuti oleh peserta internal melalui platform Zoom. Pembicara webinar kali ini bernama Tina Purwono. Beliau merupakan perwakilan dari Universitas Fontys dan Saxion.

Narasumber membuka webinar dengan perkenalan diri terlebih dahulu kemudian menjelaskan perbedaan dari kedua universitas tersebut. Mahasiswa bisa melanjutkan studi Fontys dan Saxion tergantung dari jurusan yang telah diambil mahasiswa. Saxion ditujukan untuk mahasiswa jurusan DKV(Desain Komunikasi Visual). Begitu juga dengan Fontys yang ditujukan untuk mahasiswa Informatika dan SIB(Sistem Informasi Bisnis).

Program double degree merupakan program yang tidak cukup familiar di kalangan mahasiswa. Hal ini dikarenakan program ini merupakan program kerjasama antara dua universitas yaitu Indonesia dan Belanda. Karena kerja sama itulah , maka program ini hanya bisa diperuntukkan bagi universitas yang sudah mengadakan MoU dan tidak memungkinkan per-individual mendaftarkan dirinya sendiri ke universitas di luar negeri. Program ini tentu sangat berbeda dengan exchange program yang hanya setengah tahun. Double degree sendiri untuk program SI atau bachelor dilakukan dengan prinsip 3+1 yang artinya mahasiswa menyelesaikan studi 3 tahun di Indonesia dan tahun terakhir di Belanda. Biasanya satu tahun double degree terdiri dari satu semester kuliah seperti biasanya dan satu semester magang disertai dengan mengerjakan tugas akhir seperti skripsi/penelitian. Hal yang perlu diperhatikan yaitu skripsi cukup dilakukan satu kali di Belanda tanpa perlu pengulangan di Indonesia. Keuntungan yang didapat dari program ini adalah jika mahasiswa telah menyelesaikan studi nya di Belanda maka mahasiswa akan mendapatkan 2 gelar sekaligus.

Selain itu Bu Tina juga menjelaskan tentang biaya selama studi di Belanda dan juga persyaratan apa saja yang harus terpenuhi apabila mahasiswa ingin melakukan program Double Degree. “Jangan takut untuk studi di Belanda karena semua pembelajaran diajarkan dalam Bahasa Inggris di hari pertama kuliah dan mayoritas orang Belanda bisa dan mau berkomunikasi dalam Bahasa Inggris” ujar Bu Tina sebagai penutup webinar kali ini. Setelah itu, webinar dilanjutkan dengan foto bersama sebelum para peserta meninggalkan ruangan online webinar .

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon