INTRODUCTION TO BASIC ELECTRIC INSTALLATION AND ITS SAFETY
Berita
21 November 2020

INTRODUCTION TO BASIC ELECTRIC INSTALLATION AND ITS SAFETY

ISTTS kembali mengadakan Knowledge Sharing Program (KSP) season 7 episode 4 yang bertajuk “Introduction To Basic Electric Installation and its Safety” ini dibawakan oleh Bapak Setya Ardhi, S.T., M.Kom. Webinar ini berlangsung pada Rabu, 18 November 2020 dari pukul 13.00 sampai 15.00. KSP yang diadakan melalui platform Zoom ini diikuti oleh peserta eksternal dan internal ISTTS baik mahasiswa/i maupun dosen.

Saat ini banyak sekali kebutuhan manusia yang bergantung pada listrik, terutama kebutuhan untuk dapur seperti pemakaian kulkas dan microwave yang memakan daya cukup besar. Apalagi pada kondisi sekaarng yang mengakibatkan banyaknya kegiatan dilakukan secara online seperti sekolah dan kegiatan perkantoran maka akan menambah peningkatan pemakaian listrik. Pak Setya mengatakan bahwa kasus terjadinya kenaikan tarif listrik yang sempat ramai dikarenakan memang terjadinya peningkatan pemakaian listrik. Pak Setya juga memperlihatkan sekilas mengenai golongan tarif dasar listrik dan diagram distribusi listrik.

Pada saat kita akan membayar biaya pemakaian listrik, kita perlu mengetahui cara menghitung tarif listrik yang benar. Pak Setya menjelaskan bahwa ada 3 cara untuk menghitung tarif listrik. Yang pertama kita harus mengetahui golongan tarif listrik tempat tinggal, apakah termasuk dalam 900 VA, 1300 VA atau bahkan lebih. Yang kedua mengecek perabotan rumah yang membutuhkan listrik dan yang terakhir menghitung tarif listrik per hari.

Materi kemudian dilanjutkan dengan pengenalan mengenai kelistrikan, seperti tegangan, arus listrik, muatan listrik, hingga perbandingannya. Pak Setya juga memperkenalkan dasar instalasi listrik dan persyaratannya serta sumber listrik seperti AC (Alternating Current) dan DC (Direct Current). Beliau memberikan gambaran mengenai bagaimana pemasangan instalasi listrik yang dirumah mulai dari persiapan bahan hingga pemasangan pada stopkontak.

Di akhir materi beliau mengingatkan mengenai bahaya listrik dan bagaimana proses terjadinya sengatan listrik. Perlunya pengamanan dan standarisasi keselamatan dalam menangani kelistrikan diterapkan guna mencegah dan mengurangi akibat yang fatal dari bahaya listrik. Seminar kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan sharing antara peserta dan narasumber mengenai kelistrikan lalu diakhiri dengan berfoto bersama.

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Videography Training STV x ISTTS di SMA St. Louis 1

Pada tanggal 16 Maret 2024, di SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya suasana dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) dan St. Louis TV (STV) mengadakan workshop Videography Training. Acara ini merupakan wujud kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan dan media lokal untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada para siswa, khususnya dalam bidang videography, public speaking, dan media handling

Baca Selengkapnya
The Sailor Survival Game

The Sailor Survival Game

The sailor Survival Game ini adalah film survival game yang dibuat oleh Bu Farah Fauziah,S.hub.Int.,M.A. bersama team nya yang diselenggarakan di XXI TP(Tunjungan Plaza) pada hari sabtu 24 Februari 2024 jam 19.00. acara ini menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat, terutama mereka yang tertarik dengan dunia militer dan film aksi.

Baca Selengkapnya
Factory Visit

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Baca Selengkapnya
Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

Berlomba Coding dengan TCC Internal 2024

TCC 2024 (Top Coder Competition) adalah lomba yang diadakan oleh HIMAFOR (Himpunan Mahasiswa Informatika) ISTTS. TCC 2024 merupakan lomba berbasis coding, dimana para peserta mengerjakan soal yang berhubungan dengan logika dan pemrograman.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon