Discover The Hidden Image of A Digital Signal
Berita
16 September 2020

Discover The Hidden Image of A Digital Signal

HIMA Informatics Study Program at ISTTS again held an online webinar on Saturday, September 12, 2020. The speaker of this webinar was Natanael Simogiarto, S.Kom. He is an alumnus of S-1 Informatics ISTTS (2016 - 2020) who has been a permanent practicum assistant and computer science laboratory assistant at ISTTS during college. “My final project is entitled Ensemble of Multi-Modal Deep Learning Autoencoder for Infant Cray and Pain Detection. I learned this by myself. That's why maybe this is the reason why I was entrusted with being a speaker in the webinar with the theme Discover The Hidden Image of A Digital Signal. " , said Ms. Natanael who managed to ward off the participants' thoughts that underestimated the young speaker.
This webinar was opened by the organizing committee by reading out the rules that must be obeyed by all participants. Then, the material began to be opened by Ms. Natanael with the same perception of image. Image is not just an image because this word is only a translation from English to Indonesian. The image to be discussed is a digital image which consists of a 2 or 3 dimensional array.
Kak Natanael also mentioned the types of waves, namely brain waves, light and sound. In addition, he also explained the meaning of frequency and amplitude related to digital waveforms. This form is divided into 2, namely low sample rate and high sample rate. After that, he also explained about frequency indexing. The technique for finding the frequency of this wave can be solved with the discrete time fourier transform (DTFT) formula. DTFT is often used to analyze samples of continuous functions. The term discrete-time refers to the fact that transformations operate on discrete data, often samples whose intervals have units of time. There are other formulas such as fast fourier transform (FFT) and short time fourier transform (STFT).
* ket: outputs an audio in python language

            Setelah teori selesai disampaikan, Kak Natanael juga mempraktekkan coding dengan bahasa phyton untuk menciptakan sebuah nada, dll. “Kuliah itu harus mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Jangan hanya mengejar IPK. IPK hanyalah bonus setelah kita mengejar ilmu di kampus.”, ujar Kak Natanael sebagai penutup materi yang disampaikan. Setelah itu, panitia penyelenggara memberikan instruksi untuk mengaktifkan kamera peserta supaya wajah dapat di screenshoot sebagai absensi sebelum seluruh peserta dapat meninggalkan ruangan online webinar.

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Open Talk Informatika Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya (ISTTS) menggelar acara Open Talk Informatika Semester Genap pada tanggal 22 Maret 2024 di ruang E-402. Acara ini mengundang Bapak Dr. Yosi Kristian, S.Kom. M.Kom., selaku Kepala Program Studi Informatika di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS Day 2

Workshop Videography STV X ISTTS, berlanjut pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2024. Acara yang ditujukan pada anggota STV (Sinlui TV) ini adalah acara yang berlangsung selama 2 hari, dimana para peserta menginap pada sekolah mereka, tepatnya pada SMAK St. Louis 1 Surabaya. 

Baca Selengkapnya
Leveling Up Your Products Charm

Leveling Up Your Products Charm

Workshop berjudul Leveling Up Your Products Charm diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Frateran. Workshop ini bertempat di aula Frateran dan workshop ini dihadiri oleh anak anak dari SMA Frateran yang kurang lebih ada 100 orang. workshop ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif di era digital ini.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon