2D Platformer Game with No Programming Skills
Berita
29 June 2021

2D Platformer Game with No Programming Skills

KSP yang diadakan oleh ISTTS kali ini tidak seperti KSP pada umumnya, namun KSP kali ini adalah KSP Special: Bridges To Success. KSP Special ini merupakan Holiday Program 2021 for High School Students, dimana siswa-siswi SMA diundang untuk menghadiri KSP Special secara online melalui Zoom. Para pembicara yang dihadirkan adalah para mahasiswa aktif dari berbagai jurusan di ISTTS. KSP Special Episode 1 yang berjudul “2D Platformer Game with No Programming Skills” ini diadakan pada 28 Juni 2021. Pembicaranya merupakan salah satu mahasiswa jurusan Teknik Informatika di ISTTS yaitu Lawrence Patrick.

Pada awal acara, PMB ISTTS memperlihatkan video dan melakukan presentasi tentang kampus ISTTS. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan diri oleh narasumber. Lawrence memperlihatkan preview game yang akan dibuat bersama pada acara ini. Game tersebut tidak memerlukan kemampuan koding yang hebat, namun logika sangat diperlukan. Pembuatan game menggunakan GDevelop 5 versi terbaru. Assets berupa gambar-gambar yang diperlukan juga sudah disiapkan oleh Lawrence yang dibagikan dalam bentuk link Google Drive.

         

Lawrence mengajarkan materi pembuatan game dari awal pada GDevelop 5 dimulai dari sign up atau login pada GDevelop 5, membuat new game, lalu menjelaskan satu per satu fitur yang ada pada GDevelop 5. Setelah penjelasan fitur selesai, Lawrence memberikan materi tentang object yang digunakan dalam pembuatan game. Object kali ini yang digunakan adalah “Sprite”. Satu object dapat diberikan beberapa animasi. Setelah pembuatan object selesai, kita hanya perlu drag and drop object pada frame untuk digunakan. Terdapat fitur yang beranama behaviours dan kali ini hanya akan digunakan behaviour platformer dan platformer object.

Condition atau situasi merupakan salah satu fitur yang menarik pada GDevelop 5. Fitur tersebut memungkinkan kita untuk membuat animasi object menjadi bervariasi seperti ketika kita menekan “D” pada keyboard, maka object berjalan ke arah kanan, dan seterusnya. Berbagai condition digunakan dalam pembuatan game kali ini, dan berbagai arti istilah asing juga diajarkan oleh Lawrence. Project bisa di export menjadi .exe atau aplikasi jadian, juga bisa di export menjadi aplikasi di Android, Windows, Linux, macOS, dan lain-lain, dengan syarat harus login terlebih dahulu ke GDevelop 5.

Acara kemudian dilanjutkan dengan permainan quiz seputar materi yang telah diberikan oleh Lawrence. Pemenang quiz juga mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh panitia KSP. Lawrence memberikan informasi kepada para peserta bahwa diadakannya lomba Game Development oleh HIMA Informatika dan menghimbau para peserta untuk ikut serta. Selanjutnya acara ditutup dengan absensi dan juga survey.

 

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Workshop Social Media Seru (SMS) yang digelar pada 5 April 2024 di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menjadi sorotan bagi siswa-siswi SMAK Santa Maria Surabaya dan pihak terkait. Acara ini diselenggarakan oleh ISTTS dengan pembicara Ardalina.L.C.G.,S.Ds., M.I.Kom., yang juga menjabat sebagai Kepala Tim Digital Marketing ISTTS, sebagai pembicara utama.

Baca Selengkapnya
Steering Wheel

Steering Wheel

Kevin, seorang alumni dari angkatan 19, telah menunjukkan prestasi luar biasa dengan memimpin proyek pengembangan setir mobil bersama dengan teman-temannya. Kehadiran Kevin dalam komunitas alumni angkatan 19 telah menjadi sorotan karena dedikasinya yang luar biasa terhadap proyek ini. Sebagai seorang wisudawan terbaik, Kevin telah membuktikan bahwa prestasi akademisnya hanya sebagian kecil dari potensinya yang sebenarnya.

Baca Selengkapnya
Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah atau Easter adalah perayaan keagamaan bagi umat Kristen Protestan dan Katolik. Paskah merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus, dimana sebelumnya Ia wafat sebagai manusia lalu bangkit demi menebus dosa manusia.  Paskah menandakan kehidupan baru, dimana umat yang merayakan meninggalkan dosa-dosa mereka dan bertobat untuk mencapai kehidupan yang benar.

Baca Selengkapnya
Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon