NOTIFY YOUR USERS IN FLUTTER
Berita
30 May 2023

NOTIFY YOUR USERS IN FLUTTER

Penulis : Kenny Kuncoro

 

Acara seminar “NOTIFY YOUR USERS IN FLUTTER” adalah juga bagian dari acara GDG Surabaya (Google Developer Group) yang kini membahas lebih lanjut tentang cara kerja Flutter dalam memberi notifikasi kepada semua pengguna berdasarkan dari studi kasus sebuah Perusahaan PT Surya Buana Group yang sekaligus sebagai media partner acara seminar. Acara ini diawali dengan sambutan dari Ibu Esther Irawati Setiawan selaku perwakilan dari GDGS serta Dosen dari ISTTS dan kemudian dilanjutkan oleh Julius Prayogo yang menjelaskan latar belakang perusahaan PT Surya Buana Group yang berjalan di bidang logistik atau pengiriman barang jalur darat dan memanfaatkan Flutter sebagai basis data untuk mengirimkan informasi berasal dari Server pusat untuk semua pengguna mengenai informasi logistik dan layanan perusahaan. Selanjutnya menjelaskan tentang manfaat Flutter untuk perusahaan. Acara dilanjutkan oleh Yogi Prasetyo yang menjelaskan cara kerja notifikasi Flutter bekerja.

Menurut Yogi Prasetyo, ada 3 metode yang digunakan server dalam mengirimkan notifikasi informasi, mulai dari “Push Notification Cloud”, “Live Connection”, dan “Pull”. Sementara, metode mengirimkan informasi yang digunakan PT Surya Buana Group adalah “Pull” yang dimana informasi tersebut dikirim dari aplikasi yang memberi request ke server pusat dan dikirim kepada pengguna, dan metode “Pull” yang digunakan oleh PT Surya Buana Group adalah berbasis kode dari menggunakan Flutter yang disebut sebagai “Flutter Local Notification”. Bagi Yogi Prasetyo, keunggulan dari Flutter adalah sistem basis kode yang dipakai adalah Universal yang bisa diakses oleh semua user, selain itu Yogi Prasetyo juga memberi contoh basis kode menggunakan Flutter dengan Android Manifest karena ditujukan untuk pengguna Android, berbeda dengan IOS yang memiliki basis Manifest sendiri.    

 

Selain dengan Android Manifest, Yogi Prasetyo juga menjelaskan satu masalah penting  mengirimkan notifikasi berbasis Flutter untuk pengguna Android yaitu ialah dimana Aplikasi tersebut berhenti beroperasi pada sistem Android. 

 

“Karena kalau aplikasinya berhenti kan percuma tidak bisa mengirimkan notifikasi ke user yang dimana nanti notifikasi baru bisa keluar pas saat aplikasi baru dibuka, oleh karena itu diperlukan background service yang dimana inti dari aplikasi masih berjalan meskipun aplikasi tersebut telah berhenti sehingga masih bisa mengirimkan notifikasi ke user” 

 

Acara dilanjutkan oleh sesi koding yang  menciptakan basis kode untuk mengirimkan notifikasi kepada user dengan software Visual Studio dan Plugin dari Flutter.

 

Sesi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sesi Giveaway untuk dua peserta beruntung mendapat Souvenir dari GDGS. Acara seminar diakhiri dengan sesi Foto bersama pembicara dan Bu Esther. ISTTS juga memberi souvenir dan apresiasi  untuk Julius Prayogo dan Yogi Prasetyo selaku speaker dan narasumber yang diundang untuk acara seminar GDGS.

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Workshop Social Media Seru (SMS) yang digelar pada 5 April 2024 di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menjadi sorotan bagi siswa-siswi SMAK Santa Maria Surabaya dan pihak terkait. Acara ini diselenggarakan oleh ISTTS dengan pembicara Ardalina.L.C.G.,S.Ds., M.I.Kom., yang juga menjabat sebagai Kepala Tim Digital Marketing ISTTS, sebagai pembicara utama.

Baca Selengkapnya
Steering Wheel

Steering Wheel

Kevin, seorang alumni dari angkatan 19, telah menunjukkan prestasi luar biasa dengan memimpin proyek pengembangan setir mobil bersama dengan teman-temannya. Kehadiran Kevin dalam komunitas alumni angkatan 19 telah menjadi sorotan karena dedikasinya yang luar biasa terhadap proyek ini. Sebagai seorang wisudawan terbaik, Kevin telah membuktikan bahwa prestasi akademisnya hanya sebagian kecil dari potensinya yang sebenarnya.

Baca Selengkapnya
Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah atau Easter adalah perayaan keagamaan bagi umat Kristen Protestan dan Katolik. Paskah merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus, dimana sebelumnya Ia wafat sebagai manusia lalu bangkit demi menebus dosa manusia.  Paskah menandakan kehidupan baru, dimana umat yang merayakan meninggalkan dosa-dosa mereka dan bertobat untuk mencapai kehidupan yang benar.

Baca Selengkapnya
Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon